Search
18 August 2017
  • :
  • :

Inilah cara untuk memenuhi jumlah minum air putih untuk Tubuh

Inilah cara untuk memenuhi jumlah minum air putih untuk Tubuh

Inilah cara untuk memenuhi jumlah minum air putih untuk Tubuh- Sebagian besar penyusun dan penggerak tubuh adalah air, tanpa keberadaan air maka manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Manusia dapat menahan makan untuk beberapa hari akan tetapi tidak untuk minum karena memang membutuhkan minuman. Seringkali masyarakat mendengar anjuran untuk minum satu hari hingga delapan gelas akan tetapi anjuran tersebut belum tentu benar. Tiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda sesuai dengan kegiatan yang dilakukan ataupun berat badan. Simak ulasan berikut tentang cara untuk memenuhi kebutuhan minum air putih untuk tubuh.

  1. Minum air putih secukupnya

Minum air putih yang benar ialah minum air putih secukupnya saja dengan takaran tidak kurang ataupun berlebihan. Apabila telaku kekurangan minum air putih maka akan menyebabkan dehidrasi, sedangkan bila terlalu banyak maka akan juga membahayakan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih secukupnya saja. IMMDA atau International Marathon Medical Directors Association telah menganjurkan untuk mengonsumsi air putih pada saat merasakan haus akan tetapi jangan terlalu membiarkan tubuh terlalu lama haus. Tiap orang sebaiknya minum air putih kurang dari 0,03 liter per kilogram dari berat tubuh.

  1. Jumlah air putih yang dibutuhkan oleh tubuh

Mungkin kebanyakan orang sering mendengar untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter agar tubuh tidak mengalami penuaan dini. Namun, hal itu sebaiknya jangan dipakai menjadi patokan untuk hanya mengonsumsi air putih saja karena tubuh memerlukan minuman lain misalnya seperti jus, kuah sop, susu, dan lain sebagainya. Maksud dari jumlah air putih sebanyak 2 liter ialah juga sudah mengandung makanan atau minuman lain yang mengandung air. Perlu Ada ketahui bahwa anjuran minum air putih sebanyak 2 litertersebut hanya berlaku untuk orang yang sehat, sebab bagi penderita ginjal sudah dibatasi untuk mengonsumsi air putih agar kondisi ginjalnya tidak memburuk.

  1. Minum air putih secara bertahap

Minumlah air putih dengan cara bertahap misalnya pada waktu bangun pagi mengonsumsi air putih sebanyak satu gelas, lalu dilanjutkan satu gelas sebelum sarapan dan sesudah sarapan. Kemudian Anda dapat mengonsumsi air putih lagi pada saat sebelum makan siang dan sesudah makan siang masing-masing satu gelas. Saat akan sebelum dan sesudah makan malam juga dan dilanjutkan saat akan tidur. Apabila konsumsi air putih dengan secara langsung dengan kuantitas banyak tentu malah akan memperburuk kondisi tubuh.

  1. Mengenali air seni dalam mencukupi kebutuhan air putih

Anda dapat mengetahui jumlah air minum yang akan dikonsumsi dengan melihat warna urine. Apabila urine Anda bewarna bening atau cerah dan jumlahnya juga banyak maka mengindikasikan bahwa cairan tubuh Anda sudah terpenuhi. Kemudian bila urine bewarna kuning tua atau oranya maka akan mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan cairan. Namun bila Anda sedang menjalani pengobatan tertentu maka akan lumrah bila urine Anda berbeda seperti yang biasanya.

Air putih dapat menambah konsentrasi dan juga membuang racun yang ada di dalam tubuh, sebaiknya konsumsi air putih dengn cukup sehingga mampu membuang racun atau hal-hal yang tidak diperlukan tubuh lagi. Dengan demikian akan terhindar atau mencegah beberapa penyakit. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalammencukupi kebutuhanair putih di dalam tubuh Anda.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *