Search
16 December 2017
  • :
  • :

Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat – Kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang saling terkait. Pasalnya, kolesterol merupakan penyebab yang dapat meningkatkan berkembangnya penyakit asam urat dalam tubuh. Asam urat menyebabkan sendi terasa perih, nyeri, kaku gingga bengkak. Biasanya sendi yang mengalami gejala tersebut banyak dialami disekitar jempol kaki atau bagian kaki lainnya.

Penyakit asam urat disebabkan karena adanya penumpukan zat yang biasa disebut asam urat dalam darah. Salah satu penyebab paling dominan yang memicu timbulnya kolesterol dan asam urat dalam tubuh yaitu pola hidup yang tidak sehat terutama tidak bisa menjaga pola makan serta tidak diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Selain melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat kolesterol. Penderita kolesterol dan asam urat juga wajib menjaga pola makan dan menghindari beberapa jenis makanan yang dilarang. Berikut ini beberapa makanan pemicu asam urat dan kolesterol tinggi antara lain :

Seafood (Makanan Laut)

Makanan laut seperti sarden, ikan teri, tuna, makarel dan kerang merupakan beberapa contoh yang wajib dihindari para penderita kolesterol dan asam urat. Hal ini karea makanan tersebut mengandung purin yang tinggi. Lobster juga salah satu jenis seafood yang dilarang karena mengandung kolesterol yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 61 mg kolesterol.

Jeroan

Rempela, babat, hati, kikil, ginjal, kelenjar timus dan lain sebagainya mengandung kadar purin yang tinggi sehingga berisiko meningkatkan kadar asam urat. Hati juga merupakan jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Daging

Batasi asupan daging terutama daging merah kerana mengandung purin dan kolesterol tinggi. Bukan dilarang tapi harus dibatasi, jika ingin memakan daging maka dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Perhatikan juga cara pengolahan daging tersebut, hindari pengolahan dengan cara digoreng.

Alkohol

 Alkohol memang sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam urat dan koelsterol karena dapat meningkatkan produksi asam urat bahkan hingga menyebabkan serangan asam urat berulang yang pastinya akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat luar biasa.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *