Search
16 December 2017
  • :
  • :

Beberapa Faktor yang Membuat Payudara Menjadi Besar

Beberapa faktor yang Membuat Payudara Menjadi Besar – Payudara merupakan organ tubuh yang terdiri dari lemak, kelenjar susu, kolagen dan jaringan ikat yang membuat payudara menjadi elastis dan kuat. Dan sebagai wanita memiliki bentuk payudara yang menawan menjadi salah satu penunjang untuk rasa percaya diri. Dan seiring dengan berjalannya waktu payudara wanita akan tumbuh serta bertambah ukurannya. Terkadang perubahan itu terjasi sangat cepat namun ada pula yang lambat. Lalu bagaimana payudara jadi besar dengan tiba-tiba? Faktor apa saja yang mempengaruhi sehingga payudara menjadi besar ?

Berikut ini penjelasannya.

  • Masa Pubertas

Ketika masa pubertas maka terjadi peningkatan estrogen dalam tubuh. Inilah yang membuat payudara jadi besar secara tiba-tiba.

  • Siklus Menstruasi

Pada saat siklus menstruasi terjadi fluktuasi hormonal yang terutama pada estrogen dan progesteron sehingga membuat payudara menjadi besar. Dan pada saat hormon ini telah mencapai puncaknya maka payudara akan lebih penuh serta kencang. Sepekan setelah siklus menstruasi selesai sehingga estrogen dan progesteron kadarnya rendah maka payudara pun akan ikut menyusut.

  • Perubahan Berat Badan

Organ payudara terbentuk dari jaringan serta jaringan lemak, dan pada saat berat badan naik maka ukuran payudara ikut bertambah. Dan ketika berat badan menurun maka payudara juga akan tampak mengecil. Pada sebagian wanita memiliki payudara yang lebih padat sehingga mereka mempunyai lebih banyak jaringan payudara dan lebih sedikit lemak maka penambahan berat badan tidak terlalu berdampak pada payudara.Namun bila wanita yang memiliki jaringan lemak yang lebih banyak maka akan terlihat perbedaannya.

  • Kehamilan

Pada saat seorang wanita hamil, maka terjadi perubahan payudara sebagai persiapan untuk menyusui bayi. Pembuluh darah hingga saluran susu, berubah untuk memproduksi susu. Dan proses ini mengakibatkan pembengkakan dan perasaan penuh pada payudara. Terjadi perubahan warna puting yang menjadi kehitaman dan ukuran puting yang membesar.

  • Menyusui

Setelah terjadi proses persalinan, akan terjadi peningkatan hormon prolaktin yang tinggi agar kelenjar mamari memproduksi ASI.

  • Hubungan Intim

Ketika melakukan fase foreplay, tekanan darah dan detak jantung meningkat sehingga menyebabkan payudara membengkak, puting menjadi lebih tegak dan aerola membesar.

  • Fase Menopause

Pada masa menopause maka hormon estrogen mengalami penurunan sehingga payudara pun akan tampak mengecil. Di samping itu juga payudara akan menjadi lebih lembek serta mulai kendur.

  • Pil Kontrasepsi

Kini dosis estrogen yang terdapat pada pil kontrasepsi tidak sebesar dulu sehingga tidak membawa efek yang besar pada payudara. Namun meskipun demikian merupakan hal yang wajar bila ukuran payudara sedikit membesar ketika anda mengkonsumsi pil kontrasepsi.

  • Faktor Lainnya

Faktor lainnya yang mempengaruhi ukuran payudara adalah konsumsi alkohol serta kafein. Dan olahraga beban juga dapat membuat otot-otot di bawah payudara menjadi lebih kuat.

 

 

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *